Codeman



About My Hero:

"Anak 1: Pahlawanku sungguh bersayap, ia terbang dari langit yang tinggi kemudian menginjakkan kakinya dibumi, membasmi musuh-musuh yang ingin menguasai dunia dan berambisi melenyapkan umat manusia. Ia adalah superman, dan siapakah yang lebih hebat darinya?

Anak 2: Pahlawanku tidak memerlukan sayap untuk melompat bebas setinggi-tingginya di udara. Ia memiliki senjata ampuh, berupa jaring-jaring mematikan yang dengan sekilas keluar dari ujung-ujung jarinya, dan dalam sekejap dapat melumpuhkan musuh dan membuat mereka tak berdaya. Ia adalah spiderman, dan siapakah yang lebih hebat darinya?

Anak 3: Pahlawanku memang tidak bersayap seperti Superman, namun ketika ia berada diketinggian, ia bersayap pengetahuan yang dapat membawa mereka terbang bebas menjelajahi dunia cyber demi menemukan musuh-musuh umat manusia, bahkan yang bersembunyi dibalik konspirasi sekalipun. Jari-jarinya pun tak mungkin mengeluarkan jaring-jaring mematikan seperti Spiderman, namun ketika mereka berada diketinggian, jari-jari tersebut sangat terampil, bergerak lincah memberikan perintah kepada benda supermaya demi memberikan kedamaian dimuka bumi. Mereka berada diketinggian ketika mereka sudah mampu mengendalikan ego, memahami etika dan memiliki sense of humanity yang tinggi.

Anak 1 dan2: Siapakah pahlawanmu?

Anak 3: Codeman"

Blog

Jaringan

Nama Anggota Kelompok:
  • Ahmad Fadila
  • Aditya Putra
  • Andri Hanafi
  • Ardytia Hadyan
  • Bryan Dwi Avianto
  • Fikri
 Teori:

Pengertian Jaringan

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer, software, dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama sama untuk mencapai tujuan berikut:
  1. Membagi sumber daya: contohnya pada warnet hanya menggunakan satu printer.
  2. Komunikasi: contohnya instant messaging.
  3. Akses informasi: contohnya web browsing
Untuk mencapai tujuan itu digunakanlah sistem client-server. Dimana server merupakan komputer induk, sedangkan komputer lain yang meminta layanan dari server itu sendiri disebut client.

Komponen Pembentuk Jaringan

1. NIC
Fungsi utamanya adalah mengirim data kejaringan dan menerima data yang dikirim ke terminal kerja melalui media transmisi (kabel). NIC juga mempunyai kode yang unik yang terdiri atas 12 digit kode yang disebut MAC (Media Access Control) Address.
2.Kabel
    Merupakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel.
    Ada 3 kategori media transmisi kabel :

    a. Kabel pasangan berpilin (twisted pair)
    Pada tipe ini setiap 2 kabel (di sebut sepasang) saling di pilin agar dapat mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain. Kabel Jenis ini ada 2 macam yaitu kabel UTP dan STP.


    b. Kabel Koaksial (Coaxial Cabel)

    c. Kabel Serat Optik.


    3. Repeater Adalah alat yang berfungsi untuk memulihkan sinyal yang cacat / lemah (memperkuat sinyal –sinyal yang masuk), dengan adanya repeater akan memperpanjang jangkauan jaringan. 

    4.  Hub
    • Berfungsi sebagai media koneksi antar PC untuk  disambungkan satu sama lain.
    • Hub disebut juga repeater dengan banyak port (multiport),
    • Setiap PC yang berkomunikasi dengan HUB maka HUB akan memperkuat sinyal nya dan  mentrabsmisikan keluar dari setiap port (termasuk ke PC yang mengirimkan) —Broadcast

    .

    Dengan menggunakan hub setiap client bisa ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.
    5. Bridge
    • Digunakan untuk menghubungkan 2 buah LAN yang bertopologi berbeda (misal : BUS dan Ring).
    • Digunakan untuk membagi jaringan sehingga lebih effisien
    6. Switch
    Switch merupakan perkawinan antara teknologi hub dan bridge.
    7.    Router
    Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah
    network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga
    host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada
    pada network yang lain.
    • Router merupakan perangkat untuk menyatukan network – network.
    • Menghubungkan LAN yang bertopologi dan protocol berbeda.Membagi jaringan yang berukuran besar menjadi jaringan berukuran kecil dan mudah dikelola.
    Terminologi Jaringan

    1. Local Area Network (LAN)
    Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung, rumah atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.

    2. Metropolitan Area Network (MAN)
    Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

    3. Wide Area Network (WAN)
    Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

    4. Internet
    Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

    5. Jaringan Tanpa Kabel
    Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 

    Topologi Jaringan

    Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris / bentuk antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.

    1. Topologi Bintang


    Kelebihan
    • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
    • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
    • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
    • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. 
    Kelemahan
    Jika node yang berada di tengah rusak, maka seluruh jaringan terhenti.

    2. Topologi Cincin
     
    Kelebihan
    • Hemat kabel.
    • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data.

    Kelemahan
    • Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
    • Pengembangan jaringan lebih kaku

    3. Topologi Bus


    • Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. 
    • Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. 
    4. Topologi Mesh

    Kelebihan
    • Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
    • Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
    • Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
    • Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
    Kekurangan
    • Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
    • Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
    • Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada

    Studi Kasus:

    Teknologi pengiriman data nirkabel terbaru memungkinkan pembuatan jaringan berkecepatan tinggi, secara geografis terpisah dengan biaya yang relatif rendah. Jika jaringan ini di bangun dengan ode menghilangkan halangan untuk akses data, kita dapat mengatakan jaringan ini adalah free network. Jaringan tersebut akan dapat membawa manfaat besar untuk setiap pengguna, mereka independen dari politik, ekonomi, maupun kondisi sosial. Jenis jaringan ini merupakan tantangan secara langsung kepada model jaringan komersial yang banyak mengkungkung masyarakat barat modern.
    Agar free network dapat berkembang, teknologi nirkabel harus disesuaikan dan dimasukkan kemungkinan penggunaan yang terbaik. Hal ini dilakukan oleh kelompok hacker yang melakukan penelitian, investigasi, pembangunan dan pelaksanaan proyek, serta mengijinkan semua orang untuk mengakses pengetahuan yang di peroleh secara bebas.
    Administrasi dan Pemeliharaan
    Operasional unit dari sebuah jaringan adalah node. Setiap node memungkinkan pelanggan untuk tersambung ke jaringan dan memperoleh layanan jaringan yang paling dasar. Selain itu, masing-masing node harus dihubungkan minimal satu node lain. Hal ini memungkinkan jaringan untuk tumbuh dan untuk membuat layanan tersedia untuk setiap klien.
    Sebuah node dipelihara oleh administrator yang merupakan anggota komunitas yang komit untuk tugas berikut:
    •    Pemeliharaan untuk uptime yang memadai (lebih dari 90%).
    •    Menyediakan layanan dasar (biasanya akses web).
    •    Membuat klien terupdate mengenai layanan node (misalnya, cara mendapatkan akses ke jaringan). Hal ini umumnya diberikan oleh suatu captive portal.
    Administrasi umum dari jaringan (terutama, hal yang berkaitan dengan pembuatan node baru, pilihan lokasi, topologi jaringan, dll) dilakukan oleh dewan komunitas, atau oleh teknisi yang terlatih untuk tujuan tersebut. Chilesincables.org saat ini sedang dalam proses perolehan status hukum, sebuah langkah yang akan mengijinkan peraturan dari prosedur administrasi internal dan formalisasi komunitas ke masyarakat.

    Refrensi: 
    • http://id.wikipedia.org
    • http://fadel05.tripod.com

    Comments